Peringatan HUT KE-77 Yayasan Hang Tuah Digelar Meriah Di Seskoal, Tampilkan Demontrasi Ekskul Siswa - SUARA MILITER

Rabu, 17 Januari 2024

Peringatan HUT KE-77 Yayasan Hang Tuah Digelar Meriah Di Seskoal, Tampilkan Demontrasi Ekskul Siswa

Jakarta, (18/01) | Kedatangan Kepala Staf TNI Angkatan Laut  Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla  beserta Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Fera Muhammad Ali, Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah Ny.  Ketty Erwin S. Aldedharma dan Ketua Umum  Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P di Seskoal diterima oleh Komandan  Laksda. TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP, hal ini merupakan rangkaian dalam  Peringatan HUT Ke-77 Yayasan Hang Tuah di Mako Seskoal,(17/01/24).

Puncak Peringatan HUT Ke-77 Yayasan Hang Tuah, diawali dengan pembacaan sejarah singkat Yayasan Hang Tuah oleh Sekretaris Pusat YHT Eka Agustina , A.Md, 

penaikan bendera Merah Putih, dilanjutkan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Hang Tuah, dan laporan Ketua Panitia dalam hal ini Ketua Pengurus Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah Kol (Purn) Dr. Fadelan, S.E., M.M.,M.Tr.Opsla, CRMP yang  secara rinci  melaporkan rangkaian kegiatan selama menyongsong HUT Ke-77 Yayasan Hang Tuah yaitu bahwa telah dilaksanakannya lomba-lomba di seluruh cabang/perwakilan satdik-satdik YHT seluruh Indonesia, Hang Tuah English Competition, workshop inovasi teknologi pembelajaran, seminar nasional implementasi kurikulum merdeka, lomba lingkungan sehat, donor darah bagi Jalasenastri, pengurus, karyawan , guru dan siswa SMA/SMK, kampung bahari Session 2 " Bapas Goes to school", lomba siswa berprestasi, lomba guru inspiratif dan talk show kesehatan.

Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Fera Muhammad Ali dalam sambutannya saat menjadi Irup Peringatan HUT Ke-77 Yayasan Hang Tuah  yang berlangsung di Mako Seskoal,(17/01/24) mengatakan,  "Banyak orang cerdas gagal  karena tidak memiliki karakter yang baik,  pendidikan karakter tidak bisa di ceramahkan, akan tetapi harus di tumbuhkan dan di biasakan melalui contoh dan teladan bapak ibu guru".

Selanjutnya Ny. Fera Muhammad Ali,  orang nomor Wakhid di Yayasan Hang Tuah di depan para guru di lingkungan Yayasan Hang Tuah menyampaikan bahwa " Profesionalisme guru menuju abad 21 adalah sebuah tantangan yang harus di emban, hal ini meniscayakan  peningkatan profesionalisme menyangkut  sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas, agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman".

Hal ini tentunya merupakan produk pendidikanyahg di idam-idamkan karena generasi emas inilah yang kelak akan memiliki visi kedepan yang lebih cemerlang , kompetensi  yang memadai dan karakter yang kokoh , kecerdasan yang tinggi dan kompetitif.

Saat ini Yayasan Hang Tuah sudah memasuki masa pengabdian yang ke 77, diharapkan untuk seluruh pengawak dan tenaga pendidikan  didalamnya dapat bertindak  profesional, baik dalam pengelolaan sekolah, mendidik serta mencerdaskan nak bangsa, karena sesungguhnya dalam pendidikan seorang guru merupakan ujung tombak dalam mempersiapkan generasi penerus , dalam hal ini generasi emas.Untik itu seorng guru harus mampu sebagai motivator, yaitu guru harus mampu sebagai motivator, yaitu guru harus dapat mengambil  peran  memberi semangat pada siswa supaya selalu kuat menghadapi tantangan dan tidak mudah menyerah putus asa.

Pada upacara peringatan HUT Ke-77 Yayasan Hang Tuah , Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah berkesempatan menyerahkan beberapa hadiah lomba yang di laksanakan  dalam rangka HUT Ke-77 Yayasan Hang Tuah yang berlangsung di Seskoal  antara lain juara  lomba siswa berprestasi kepada dari tingkat TK,SD,SMP dan  SMA/SMK, Lomba Guru Inspiratif, guru berprestasi nasional ,  lomba lingkungan sekolah sehat.

Kemudian yang tidak kalah menariknya adalah demontrasi dari berbagai ekstrakurikuler dari beberapa Satdik antara lain :  demontrasi marching band dari SD Plus Hang Tuah 6, kolaborasi display drumband dan Pramuka dari SMP Hang Tuah 2 dan drumband SMK Pelayaran.

Seusai upacara Peringatan HUT Ke-77 KASAL, Ketua Pembina YHT, Ketua Pengawas, Ketum  YHT dan seluruh undangan menuju Auditorium Yos Sudarso dengan di iringi tari piring dari SD Plus Hang Tuah 1 dan tari lengser  dari SD Plus Hang Tuah 2 Jenggol. Selanjutnya peninjauan ke stand pameran pendidikan dari satdik Cabang-cabang  YHT di Joglo Yos Sudarso.

Pada sesi berikutnya, seluruh undangan menyaksikan video filler sejarah Yayasa Hang Tuah, pemotongan tumpeng oleh Ketua Pembina YHT diserahkan kepada guru tetap  SMK Pelayaran Sutrisno, penyerahan tali asih kepada Ketum YHT dari masa ke masa serta tali asih kepada Ibu Suyono istri (almarhum bpk, Suyono) pencipta lagu mars Hang Tuah.

Dalam kesempatan kali ini Kepala Staf TNI Angkatan Laut  Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla memberikan  bea siswa kepada putra-putri Anggota TNI AL yang  di serahkan oleh  Ketua Umum  Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P kepada siswa SD Melvin Rafhael/ kopka  dari Seskoal, siswa SMP Elok/pelda Juni dari  Kolinlamil, siswa SMA  Shalub Anjani /Serda Jufri dari  Diswatpersal.

Demontrasi siswa di Auditorium Yos Sudarso menambah semaraknya Peringatan HUT Ke-77 YHT ,  pagelaran wayang orang dan penampilan angklung dari SMK Hang Tuah 1 dan SMP Hang Tuah 3, solo siswa SMK Hang Tuah 1,  tari  dari SD Hang Tuah 5, konser band, tari dan  penampilan dari musisi Ada Band Donnie Sibarani yang sangat memukau undangan.

Turut hadir pada Peringatan HUT YHT Ke-77, Koorsahli, Aspers Kasal , Irjenal, Danseskoal, Kadiswatpersal, Danlantamal III,  Ketua Pengawas YHT,  Ketua PG Amada RI, Ketua CBS Seskoal, Angbinum, Angwas, Kapeng Cab Surabaya, perwakilan Kasatdik  Cab Jajarta, Surabaya.

(yht/dar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda