Dandim 1007/Banjarmasin Menjadi Komandan Upacara Penutupan TMMD Ke118 Kodim 1010/Tapin - SUARA MILITER

Kamis, 19 Oktober 2023

Dandim 1007/Banjarmasin Menjadi Komandan Upacara Penutupan TMMD Ke118 Kodim 1010/Tapin

KODIM 1007/BJM | Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Kolonel Inf Arman Aris Sallo. S.IP., bertindak sebagai Komandan Upacara pada Penutupan TMMD ke118 Tahun 2023 Kodim 10101/Tapin dengan inspektur Upacara Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si, yang berlangsung di lapangan sepakbola Desa Kembang Habang Lama Kecamatan Salam Babaris Kabupaten Tapin Kamis, (19/10/23).

Adapun rangkaian upacara penutupan diawali dengan menyayikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Laporan Komanan Upacara dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan.

Selanjutnya laporan hasil pelaksaan TMMD ke-118 tahun anggaran 2023 oleh Dansatgas TMMD Letkol Arh Pryoni Palebangan, S.I.P , dilanjutkan dengan penandantangan naskah dan penyerahan hasil TMMD dari Dandim 1010/Tapin Kepada Pejabat Bupati Tapin dan dilanjutkan dengan penanggalan tanda oleh Ispektur upacara, pembacaan amanat KASAD dan terakhir laporan oleh Perwira Upacara Letkol Inf Fery Perbawa.S.Hub.Int.,M.Han.

Wakil kepala staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam amanatnya mengatakan bahwa kegiatan TMMD yang dilaksanakan dari tanggal 20 September s.d. 19 Oktober 2023 ini merupakan bagian dari program lintas sektoral yang diprakarsai oleh TNI bersama kementerian dan lembaga pemerintah yang terkait serta seluruh komponen masyarakat. Guna mewujudkan tujuan dari TMMD yaitu mendorong percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Maka Satgas TMMD bersama Pemerintah Daerah melaksanakan pembangunan fisik berupa sarana prasarana pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, “ jelasnya.

Pembangunan tersebut diantaranya ialah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan badan jalan, renovasi rumah ibadah dan rumah tidak layak huni, ntidak kalah pentingnya juga pembangunan sarana sanitasi dan pembuatan sumur bor air bersih di lokasi TMMD.

Selain sasaran fisik dilaksanakan juga sasaran kegiatan non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara, Ketahanan Nasional, Stunting, Posyandu, Posbindu PTM dan materi bidang lainnya sesuai kebutuhan di wilayah.

“Sasaran kegiatan non fisik ini sangat penting dan dibutuhkan dalam rangka membangun SDM dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat serta mendukung program Pemerintah tentang percepatan penurunan Stunting dan untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan pembangunan daerah, “ ujarnya.

Oleh karenanya kami menerima apresiasi dan masukan positif dari berbagai pihak tentang pelaksanaan TMMD ini. Namun, kami juga menyadari bahwa masih terdapat kekurangan yang perlu dievaluasi, serta banyaknya permintaan dan harapan dari Pemda serta masyarakat yang belum dapat kami wadahi.

Usai melaksanakan tugas sebagai Komandan Upacara, Dandim 1007/Banjarmasin Kolonel Inf Arman Aris Sallo. S.IP., mengucapkan syukur dan bangga telah diberikan kehormatan dan kepercayaan oleh pimpinan (Danrem 101/Antasari) Brigjen TNI Ary Aryanto.

"Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya pribadi juga satuan Kodim 1007/Banjarmasin, karena mendapatkan kehormatan yang yang sangat mulia menjadi Komandan Upacara pada Penutupan TMMD ke118 Tahun 2023 Kodim 10101/Tapin dengan Inspektur Upacara Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si, " tutur Dandim.

Adapun dalam Upacara Penutupan TMMD ke-118 Tahun anggaran 2023 Kodim 1010/Tapin dihadiri oleh Pangdam VI/Mulawarman, Waster Kasad, Danlanal Banjarmasin, Forkopimda Provinsi Kaimantan Selatan, Para Dansat Jajaran Korem 101/Ant, Forkopimda Kabupaten Tapin serta tamu undangan.

Pendim 1007/Bjm

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda