Prajurit Lanal Banyuwangi Bantu Amankan dan Evakuasi Pesawat Mendarat Darurat - SUARA MILITER

Selasa, 06 September 2022

Prajurit Lanal Banyuwangi Bantu Amankan dan Evakuasi Pesawat Mendarat Darurat

BANYUWANGI | Bertempat di Pantai Nagelan Alas Purwo Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi, Prajurit Lanal Banyuwangi yang dipimpin Komandan Pos Keamanan Laut Terpadu Grajagan (Danposkamladu) Peltu Pku Edi Sukiswo bersama personel Koramil dan Polsek Tegaldlimo, membantu melaksanakan pengamanan dan evakuasi Pesawat Jenis Cessna 172 PK-BYC milik Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi (API) yang landing darurat, Senin (05/09/2022).

Informasi awal terjadinya pesawat yang landing darurat berawal dari laporan masyarakat yang melaporkan ada pesawat terbang rendah dan tidak bisa terbang lagi, selanjutnya mendapatkan informasi tersebut Danposkamladu Grajagan langsung melihat ke TKP untuk memastikan kejadian tersebut. Setelah melihat langsung kejadian tersebut, Danposkamladu melaporkan kejadian tersebut kepada Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori, selanjutnya dengan gerak cepat Danlanal Banyuwangi langsung memerintahkan Danposkamladu beserta Prajurit Lanal Banyuwangi bersinergi dengan aparat terkait untuk membantu melaksanakan pengamanan dan evakuasi di TKP.

Pesawat jenis Cessna 172 PK-BYC tersebut diawaki oleh 2 orang Taruna API Banyuwangi yakni Taruna Hawkins dan Taruna Rayhan yang melaksanakan latihan penerbangan (training area) dengan route Bandara Internasional Banyuwangi menuju area Plengkung selanjutnya kembali ke Bandara Internasional Banyuwangi.

Akibat insiden ini tidak ada korban jiwa kedua taruna dalam kondisi selamat, namun pesawat terbang tersebut mengalami rusak ringan. Hingga saat ini Pesawat Cessna 172 PK-BYC belum dapat dievakuasi dikarenakan penyebab pesawat landing darurat masih dalam proses penyelidikan Tim investigasi dari pihak API Banyuwangi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda