Lantamal XI Melaksanakan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum di Merauke. - SUARA MILITER

Jumat, 09 September 2022

Lantamal XI Melaksanakan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum di Merauke.

Merauke, 09 September 2022. Lantamal XI |  Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke menggelar kegiatan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum tahun 2022 dalam rangka memperingati HUT TNI AL ke-77 tahun 2022, dengan tema "melalui penanaman Sorgum Nasional TNI AL bersama rakyat siap membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat" bertempat di lahan Yonmarhanlan XI Jl. Lepro Sari Kab. Merauke, Jumat (09/09).

Penyelenggaraan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum dilaksanakan secara serentak di 77 lokasi jajaran TNI AL dan sisiarkan melalui Video Conference yang dipusatkan dari Kampung Neglasari, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dipimpin oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (WAKASAL) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono dan dihadiri Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harcvid Hasnul Qolby, dan untuk di jajaran Lantamal XI dipimpin oleh Danlantamal XI Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H.

Dalam kesempatan tersebut Danlantamal XI Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H saat kegiatan tersebut menyampaikan , TNI AL ingin selalu berusaha dan berupaya bermanfaat bagi lingkungan, sehingga penanaman ini kita bekerjasama dengan petani millenium yang ada di Sarmayam yang nantinya keuntungannya juga untuk masyarakat petani sekitar wilayah TNI Angkatan Laut. Untuk Kota Merauke sendiri sudah disiapkan lahan seluas 4 hektar, 3 hektar di Lahan Sarmayam dan 1 hektar di lahan Yonmarhanlan XI.

“Di merauke ini lebih cocok jagung tetapi kita akan coba sorgum karena pencanangan dari TNI AL untuk sorgum kegunaannya lebih banyak, jadi kami akan coba untuk sorgum seluas 1 hektar, tetapi untuk di Sarmayam kita sudah siapkan jagung bekerjasama dengan petani millenium dan itu sudah siap 3 hektar. Kalau sorgum ini bisa berhasil mungkin nanti kita akan kembangkan terus, karena sorgum bisa dimanfaatkan untuk pangan kita, seperti diolah sebagai kecap, pakan ternak dan industri jadi cukup banyak manfaatnya” Ungkap Danlantamal XI.

Adapun Gerakan Nasional Penanaman Sorgum yang merupakan program TNI AL pada tahun anggaran 2022 dan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI bertema "Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022, TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" serta berhasil meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk penyelenggaraan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum secara serentak di lokasi terbanyak di dunia.

 (Dispen Lantamal XI).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda