Jelang Latihan Operasi Pertahanan Pantai, Prajurit Lantamal V Nonton Bareng “Letters from Iwo Jima" - SUARA MILITER

Kamis, 29 September 2022

Jelang Latihan Operasi Pertahanan Pantai, Prajurit Lantamal V Nonton Bareng “Letters from Iwo Jima"

SURABAYA | Menjelang pelaksanaan Latihan Operasi Pertahanan Pantai yang akan digelar oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V pada medio Oktober mendatang, para prajurit yang akan menjadi pelaku Latihan melaksanakan nonton bareng film “Letters From Iwo Jima”, Kamis (29/09). Film ini menceritakan tentang bagaimana Jepang mempertahankan pantainya dari serangan operasi amfibi pasukan Amerika pada perang dunia kedua.  

Diungkapkan oleh Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Supardi bahwa dengan menyaksikan film ini para prajurit diharapkan mendapatkan leasson learned dari peristiwa yang terjadi di Iwo Jima, baik itu pada aspek naluri tempur, semangat juang dan Profesionalisme dalam melaksanakan salah satu tugas pokok Lantamal V dalam melaksanakan pertahanan pantai.

“Para prajurit pangkalan TNI AL harus dapat memahami peran pentingnya dalam mempertahankan pantai dari serangan amfibi musuh sebagai tugas pokok dari prajurit Pangkalan TNI AL, khususnya Prajurit Lantamal V yang akan melaksanakan latihan”, ungkap Komandan Lantamal V.  

Senada dengan itu, Asisten Operasi Danlantamal V Kolonel Laut (P) Dr. Dickry Rizanny Nurdiansyah juga mengatakan bahwa,  Operasi Pertahanan Pantai merupakan operasi gabungan dalam rangka menggagalkan operasi amfibi musuh pada daerah pantai.  "Diharapkan film ini dapat menjadi salah satu referensi bagi para pelaku latihan tentang komando kendali, komunikasi, koordinasi dan perencanaan bagaimana operasi pertahanan pantai itu digelar dalam pertempuran sesungguhnya”, ungkap Asops Danlantamal V. 

Latihan yang akan dilaksanakan Lantamal V tersebut nantinya akan dikonsentrasikan di dua titik lokasi yaitu Mako Lantamal V saat Geladi Posko dan di Pantai Banongan saat Manuver Lapangan, dimana akan melibatkan ratusan prajurit dari jajaran Lantamal V dan sejumlah satuan lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda