Pelaksanaan Gelar Wisuda Purna Wira TNI AL Tahun 2022 Di AAL Surabaya - SUARA MILITER

Selasa, 25 Oktober 2022

Pelaksanaan Gelar Wisuda Purna Wira TNI AL Tahun 2022 Di AAL Surabaya

Surabaya (24/10/2022) | Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H beserta Ibu Ketua Cabang BS Jalasenastri Puspomal Ny. Wenny Edwin menghadiri upacara tradisi Wisuda Purna Wira (WPW) Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut tahun 2022  di kampus Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumi Moro, Surabaya, Senin (24/10/2022).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan dihadiri oleh Pejabat Utama Mabesal dan para Pangkotama. Pada saat Upacara Militer tersebut dilaksanakan penyerahan Piagam Penghargaan dari Kepala Staf Angkatan Laut kepada perwakilan wisudawan WPW Pati TNI AL Laksdya TNI (Purn) Dr. Agung Prasetyawan, sebagai penghormatan dan penghargaan atas dharma bhaktinya.

Upacara WPW Pati TNI AL dilakukan bersama dengan upacara peluncuran perwira remaja (Paja) angkatan ke-67, yang baru saja dilantik dari Lembaga Pendidikan Akademi TNI AL. 

Dengan demikian terjadi kesinambungan di dalam tubuh TNI AL yang dilaksanakan melalui suatu tradisi, yang memiliki makna berupa pewarisan nilai-nilai luhur kepemimpinan TNI AL dari generasi pendahulu yang telah memasuki masa Purna Bakti kepada generasi muda yang akan melanjutkan nilai-nilai kepemimpinan dalam penugasannya di TNI AL.

Ditemui di sela-sela kegiatan Danpuspomal menyampaikan bahwa upacara WPW tersebut merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI AL yang melambangkan berakhirnya masa pengabdian seorang Pati TNI AL dan kembali mengabdikan diri ke lingkungan masyarakat. 

Kegiatan tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para Purwira karena dapat menyelesaikan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Laut tanpa cacat. 

Pada upacara WPW kali ini diikuti sebanyak 82 wisudawan Pati TNI Angkatan Laut yang terdiri dari satu orang Pati bintang tiga berpangkat Laksamana Madya TNI, dua puluh tiga orang Pati bintang dua berpangkat Laksamana Muda TNI/Mayor Jenderal Marinir TNI, dan 58 orang Pati bintang satu berpangkat Laksamana Pertama TNI/Brigadir Jenderal Marinir TNI.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda