Kasal Pimpin Uji RO Latihan Armada Jaya XL TA. 2022 - SUARA MILITER

Selasa, 25 Oktober 2022

Kasal Pimpin Uji RO Latihan Armada Jaya XL TA. 2022

Kodiklatal Surabaya, 25 Oktober 2022 | Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono selaku Pimpinan Umum (Pimum) Latihan Armada Jaya XL TA.2022 meninjau dan sekaligus memimpin langsung pelaksanaan uji Konsep Rencana Operasi (RO) dengan metode Tactical Floor Game (TFG) secara Virtual dari Ruang Olah Yudha Mako Kogab TNI di Auditorium Joint Operational Planning Role (JOPR), Gedung R.Sudomo, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Selasa, (25/10/2022).

Untuk pelaksanaan uji RO yang dilaksanakan Ruang Olah Yudha Mako Kogab TNI Bumimoro,  dihadiri oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono selaku Direktur Latihan (Dirlat),  Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, Koorsahli Kasal, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Rachmad Jayadi selaku Wadirlat, para Asisten Kogab TNI yang dijabat oleh para Direktur dan para Dankodik jajaran Kodiklatal.

Untuk tempat latihan saat Geladi Posko penyelenggara latihan berada di Kodiklatal, sedangkan pelaku berada di Kotama masing masing yakni untuk wilayah Jakarta di Koarmada I dan Kolinlamil. Kemudian di Surabaya di Kodiklatal dan Koarmada II, selanjutnya wilayah Papua di Koarmada III, dan Lantamal XIII Tarakan. 

Latihan diawali dengan laporan Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi selaku Wadirlat Latihan Armada Jaya XL TA.2022 kepada Pangkogab TNI Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, diteruskan penyampaian uji Konsep Rencana Operasi mulai dari Persiapan, Pelaksanaan hingga Pengakhiran dari masing-masing Komando Tugas dan Satuan Tugas.

Sebelum memaparkan uji Konsep Operasi para Pangkogas dan Dansatgas tersebut mendapatkan data-data mengenai kekuatan musuh terakhir yang disampikan Asintel Pangkogab Brigjen TNI (Mar) Widodo. Sedangkan jalannya Olah Yudha mulai Persiapan, Pelaksanaan hingga Pengakhiran dipandu oleh Asops Pangkogab Laksma TNI May Frangky Pasuna Sihombing.

Adapun tujuan Latihan adalah meningkatkan dan menguji kemampuan unsur Pimpinan dan Staf Setingkat Komando Tugas Gabungan TNI serta Satuan Tugas TNI dalam merencanakan, melaksanakan serta mengendalikan Kampanye Militer dan Operasi Gabungan TNI secara tepat guna dan berhasil guna dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi yang diperkirakan akan terjadi.

Sedangkan tema Latihan adalah "Kogaslagab, Kogasgabfib, Kogasgabratmin, dan Kogasgabhantai melaksanakan Operasi  Laut Gabungan, Operasi Amfibi,  Operasi Pendaratan Administrasi,  dan Operasi Pertahanan Pantai dengan didukung Operasi Dukungan Informasi, Operasi Dukungan Komlek,  Operasi Dukungan Kesehatan dan Operasi Dukungan Pasukan Khusus di Mandala Operasi Laut Utara Indonesia Bagian Tengah dalam rangka mendukung Kampanye Militer Kogab TNI".

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda